Review singkat Honda CMX 500 Rebel… Serasa jadi Jokogade nih.

 

  Lintangcruisers.com// Assalamualaikum wb.. Yups Honda CMX 500 Rebel merupakan salah satu moge dari Honda yang terbilang cukup baik penjualanya. Motor 2 silinder  ini mengusung basic yang sama dengan Honda CBR 500R  dengan kubikasi 471 cc 8 katup,berpendingin cairan dengan perubahan pada setelan ECU yang di sesuaikan untuk mengejar torsi agar penyaluranya lebih halus dan merata di seluruh rentang putaran. Yah penasaran juga gimana rasanya nyemplak motor yang di banderol kisaran Rp 147 jutaan dengan bobot sekitar 190 kilogram ini, Tapi tenang kebetulan salah satu senior blogger yang berkuasa di daerah Cileungsi yaitu kang Wisnu Wardana pemilik warung dari viwimoto.com berbaik hati memberikan kesempatan buat nyicipin motor dengan power35,2 KW ini. Honda CMX 500 Rebel ini adalah unit pinjaman dari PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) yaitu Dealer utama Honda Jakarta-Tangerang. Nah kira kira feel nya seperti apa ya saat nyemplak motor ini berikut review singkatnya brad’s.

Handling

Kesan pertama saat nyemplak di atas motor ini adalah riding position yang cukup rileks karena posisi stang yang agak tinggi dan lebar brad’s, selain itu posisi kaki cenderung menekuk sehingga posisi kaki lebih santai. Center gravity dari motor ini ternyata berada pada bagian tengah dan depan dan sangat terasa saat memindahkanya dalam keadaan mesin motor mati, dan memang harus sedikit beradaptasi untuk mengendarai motor ini. Saat di gunakan untuk riding pun handling terasa nyaman dan mantab hanya jika dalam kecepatan rendah pada bagian ban depan terasa sedikit berat untuk berbelok karena mungkin efek penggunaan ban berukuran 130/90 pada velg berdiameter 16 inch. Saat berbelok atau memutar juga perlu adaptasi karena radius putarnya termasuk sedikit jauh dan tak bisa main tekuk setang hehhehe… mungkin juga effeck karena LC terbiasa dengan stang motor bebek kali ya.

Performa mesin.

Walaupun hanya sedikit merasakan performa CMX 500 Rebel ini tapi LC bisa merasakan sensasi saat puntir gas motor ini,karena memang kondisi motor sudah menggunakan knalpot Custom dengan suara lembut jadi saat menarik gas dengan di urut perlahan terasa smooth brad’s. Nah karena penasaran LC sempatkan untuk berakselerasi pada gigi 2 yang ternyata cukup mengejutkan karena torsinya sangat beringas sehingga badan LC terasa terhempas ke belakang. Untuk hal lainya tentang performa belum bisa menyimpulkan lebih banyak karena ini pertama kalinya LC merasakan Moge dengan kubikasi 500 cc, biasa hanya nyicipin motor 250 cc soalnya.

Ergonomi.

Untuk rider dengan tinggi badan seperti saya kisaran 170cm motor ini cukup nyaman dan mungkin dengan rider 160 cm pun masih terkendali karena posisi jok tidak terlalu tinggi,sedangkan untuk stang juga cukup pas dan nyaman karena posisinya agak tinggi dan juga lebar. Jok bagi rider juga terasa empuk hanya saja saat merasakan menjadi boncenger Jok belakangnya agak keras serta posisi kaki LC terasa lebih nekuk brad’s.

Suspensi.

Suspensi juga terasa nyaman saat di gunakan melewati polisi tidur hanya saja LC belum merasakan saat riding melibas jalan bergelombang.

Ya itu tadi Review singkat dari Honda CMX 500 REBEL brad’s. Motor ini di adalah barisan dari Bigbike Honda yang di jual di kisaran harga Rp 147 jutaan Otr jakarta. jadi kesimpulanya motor ini cocok untuk riding jarak jauh ataupun ke luar kota karena riding positionya memang nyaman untuk perjalanan jauh.

Spesifikasi Honda CMX 500 REBEL

Engine

Engine Type Liquid cooled, 4 Stroke, 8 Valve, DOHC with Parallel Twin Engine
Engine Displacement 471 cc
Bore x Stroke 67 x 66.8 mm
Max Power Output 35.2 kW/ 8500 rpm
Max Torque 45.8 Nm/ 5500 rpm
Compression Ratio 10.7 : 1
Fuel Consumption 27 Km/L
Fuel Supply System PGM-FI
Oil Capacity 2.5 liters
Clutch Type Wet, Multi-plate Hydraulic
Transmission Constant Mesh 6-Speed
Final Drive Chain

Chassis

Frame Type Steel Diamond
Front Suspension Type SHOWA 41 mm Telescopic forks, 140mm Stroke
Rear Suspension Type SHOWA 95 mm Twin Tube Suspension with 2-Step Preload Adjuster
Brake type ABS 2-Channel
Front Tire Size 130/90 – 16 M/C 67H Tubeless
Rear Tire Size 150/80 – 16 M/C 71H Tubeless
Fuel Tank Capacity 11.2 liters

Dimension

Overall (L x W x H) 2,188 x 820 x 1,094 mm
Wheelbase 1488 mm
Ground Clearance 136 mm
Seat Height 690 mm
Curb Weight 190 Kg
Turning Radius 2.85 m
Caster Angle 28°

Other

Instruments Digital
Starter Electric
Baterry Capacity 12V – 7Ah
Headlight Bulb 55W
Tailight Bulb 8.3W

Yups semoga infonya bermanfaat makasih dah mampir n salam cah mbeling..

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *