Mobil tiruan Range Rover kembali nongol di China

   Lintangcruisers.com★✩ Kembali pabrikan mobil di China membuat produk tiruan yang mirip dengan Range Rover dan ternyata ini bukanlah yang pertama kalinya brad’s. Range Rover KW ini di buat oleh pabrikan yang baru-baru ini menjalin kerjasama dengan Ford untuk menggarap proyek mobil listrik murah yaitu Zotye dengan produknya T800 yang di rencanakan siap di jual tahun depan. Zotye T800 direncanakan menggendong mesin berapasitas 2.0 liter dengan turbo yang mampu menghasilkan power sampai dengan 200 Hp.

Keberanian Zotye dalam menjiplak Range Rover tak terlepas dari aturan yang berlaku di China masalah hak paten suatu produk memang kurang ada ketegasan. Sedangkan saat ini Zotye sudah bermitra dengan Ford yang juga pernah menguasai merek Land Rover sebelum di jual pada Tata Motors tahun 2008 silam. Zotye T800 rencana akan dilepas ke pasaran dengan banderol 180 ribu yuan atau setara kisaran  Rp 372 juta,harga ini hanya seperempatnya jika di bandingkan dengan Range Rover yang asli walaupun Zotye membanderol T800 sebagai varian termahal miliknya.

Plagiat Range Rover ini bukanlah pertama kalinya yang di lakukan oleh produsen mobil di China,karena sebelumnya Jiangling Motor atau Changan Auto telah memproduksi  Land Wind X7 produk tiruan dari Range Rover Evoque. Land Wind X7 ternyata laris manis di pasaran sehingga mengalahkan produk aslinya karena dengan harga yang lebih murah di banding Evoque aslinya serta mendapatkan mobil dengan tampilan yang cukup keren. Landwind X7 sendiri menorehkan angka penjualan yang cukup lumayan di tahun 2016 dengan angka penjualan 80.002 unit.

Pihak Range Rover juga tak bisa berbuat banyak dengan plagiat yang di lakukan Landwind karena  pihak berwenang China tiba-tiba juga membatalkan hak paten Land Rover terhadap Evoque dengan alasan karena desain Evoque dianggap telah dipamerkan di depan umum setahun sebelum paten desain diajukan. Landwind X7 yang saat ini dijual di paaaran ternyata juga di banderol murah di kisaran Rp196 jutaan. Yups semoga infonya bermanfaat makasih dah mampir n salam cah mbeling..(jecksLC)

sumber carnews china

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *